PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 428 PEUSAR TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Authors

  • Istie Sekartaning Rahayu Universitas Tangerang Raya
  • Diardana Prima Sintasari Universitas Tangerang Raya
  • Raeh Niken Baghiroh Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.63494/jupisi.v4i1.203

Keywords:

Menulis, Media Film Animasi, teks eksplanasi

Abstract

Abstrak: Berdasarkan studi di lapangan yang dilakukan oleh penelitian ternyata ada keterbatasan
fasilitas seperti belum adanya media pembelajaran atau elektronik seperti proyektor, laptop dan
sebagainya. Sebagian besar guru saat ini masih menggunakan pendekatan lama, seperti ceramah
dan CBSH (Catatan Buku Sampai Habis). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan
bagaimana film animasi digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII
SMP PGRI 428 Peusar dan (2) menganalisis pengaruh media fim animasi terhadap keterampilan
menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PGRI 428 Peusar. Adapun metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pretest dan
posttest. Test, observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Siswa VIII SMP
PGRI 428 Peusar yang berada di kelas VIII adalah sempel penelitian ini. Hasil analisis
didokumentasikan dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data awal menunjukkan bahwa
penggunaan media untuk film animasi cukup efektif. Penggunaan media film animasi untuk
menulis teks eksplanasi, yaitu menonton film dan melihat bagaimana suatu fenomena terjadi.
Kedua, hasil deskriptif keterampilan menulis dianggap tuntas dengan nilai rata-rata posttest
73,9130 dan nilai rata-rata pretest 34,5652. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t. Pada hasil
analisis diperoleh ????ℎ???????????????????? 11,319, dan ???????????????????????? 1,717, maka ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? atau 11,319 > 1,717.
Sehingga dapat disimpulkan ????0 ditolak dan ????1 diterima. Sehingga penggunaan media film animasi
berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PGRI 428
Peusar.

Published

2024-11-25

How to Cite

Rahayu, I. S., Sintasari, D. P., & Baghiroh, R. N. (2024). PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 428 PEUSAR TAHUN PELAJARAN 2024-2025. Jurnal Pendidikan Dan Sains (JUPISI), 4(1). https://doi.org/10.63494/jupisi.v4i1.203

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 95 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>