PENINGKATAN PEMBELAJARARAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI MEDIA PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.63494/jupisi.v4i1.197Keywords:
Pembelajaran menulis, paragraf argumentasi, Project Based Learning, CanvaAbstract
Abstrak: Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran menulis di kelas X SMA Muhammadiyah
4 Kota Tangerang adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi melalui
penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan bantuan media Canva. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest, di mana subjek
penelitian adalah 30 siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
menulis paragraf argumentasi setelah penerapan model Project Based Learning berbantuan media
Canva. Rata-rata nilai pretest adalah 37,80, sementara rata-rata nilai posttest meningkat menjadi
42,73. Hasil uji-t menunjukkan nilai t-hitung sebesar -9,997 dengan nilai signifikansi 0,000 (p <
0,05), yang menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Kesimpulannya,
penerapan model Project Based Learning berbantuan media Canva secara signifikan meningkatkan
kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa.