MODEL PEMBELAJARAN STAD (Students Teams Achivement Division) DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH BIOLOGI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS TANGERANG RAYA
DOI:
https://doi.org/10.63494/jupisi.v4i1.241Keywords:
Pembelajaran STAD, pre-test, post-testAbstract
Proses pembelajaran masih banyak guru yang kurang menggunakan model pembelajaran yang tidak bervariasi dalam proses pembelajaran dan masih menggunakan model yang lama dan kurang bervariasi sehingga hal tersebut berdampak kepada siswa yang kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik pada umumnya guru- guru/dosen dalam kenyataannya masih menggunakan model seperti ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi, namun dalam model-model tersebut pun masih belum dilaksanakan secara baik juga. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar mahasiswa terhadam mata kuliah Biologi di kampus Universitas Tangerang Raya pembelajaran dengan menggunakan model STAD (Student Teams Achievement Division). Tahap penelitian tindakan kelas terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dalam setiap tindakan dengan berpatokan pada referensi awal. Sebelum melakukan tindakan, peneliti melakukan tahap persiapan dengan melakukan kegiatan pendahuluan setelah itu melakukan tindakan penelitian.penelitian yang dilakukan ini tentunya untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa mampu menyampaikan pengetahuannya terhadap materi yang diberikan oleh dossen kepada teman-temannya di kelas dan untuk melihat sejauh mana keaktifan mahasiswa dalam memahami mata kuliah biologi. Sebelum dilakukannya treatment, mahasiswa akan diberikan soal pretest Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal keterampilan menyimak bahasa Jepang kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian pada kelas eksperimen dilakukan treatment berupa metode pembelajaran STAD.