PENGARUH PELATIHAN PUBLIC SPEAKING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK MTS PONDOK PESANTREN AR-ROSYIDIYAH KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Mai Linda Octavia Universitas Tangerang Raya
  • Rifa’atussalwa Hayati Universitas Tangerang Raya
  • Widya Gusvita Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.63494/jupisi.v4i1.208

Keywords:

Pengaruh pelatihan Public speaking, Kemampuan berbicara

Abstract

Abstrak: Kemampuan berkomunikasi secara efektif di depan banyak orang disebut
dengan public speaking. Hal ini memerlukan perencanaan ide, pemilihan kata-kata
yang tepat, menampilkan bahasa tubuh yang persuasif, dan memodifikasi pola bicara
agar sesuai dengan target audiens. Berbicara di depan umum yang efektif
memerlukan kemampuan untuk terhubung dengan audiens, mengendalikan
ketegangan atau kecemasan yang mungkin muncul, dan memiliki kemampuan
berbicara yang kuat. Selain itu, berbicara di depan umum dapat membuka lebih
banyak peluang kerja dan memberikan dampak positif pada berbagai aspek
kehidupan. Untuk mengetahui sejauh mana pelatihan public speaking terhadap
kemampuan berbicara peserta didik, peneliti melakukan penelitian di Pondok
Pesantren Ar-Rosyidiyah Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui 1. Besarnya pengaruh pelatihan public speaking di Pondok Pesantren Ar
Rosyidiyah Kabupaten Tangerang. 2. Adanya pengaruh dari pelatihan public speaking
terhadap perserta didik di Pondok Pesantren Ar-Rosyidiyah Kabupaten Tangerang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengambil populsi dari peserta
didik MTS Pondok Pesantren Ar-Rosyidiyah dengan jumlah sampel 104 dari 142
populasi. Instrument peneliti yang digunakan iyalah dengan cara menyebarkan angket
(kuesioner) berdasarkan variabel X dan Y.

Published

2024-11-25

How to Cite

Octavia, M. L., Hayati, R., & Gusvita, W. (2024). PENGARUH PELATIHAN PUBLIC SPEAKING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK MTS PONDOK PESANTREN AR-ROSYIDIYAH KABUPATEN TANGERANG . Jurnal Pendidikan Dan Sains (JUPISI), 4(1). https://doi.org/10.63494/jupisi.v4i1.208

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 34 times

Most read articles by the same author(s)